Home » » Cara Mengatur Tugas dan Promosi Pangkat Clash Of Clans

Cara Mengatur Tugas dan Promosi Pangkat Clash Of Clans

Cara Mengatur Tugas dan Promosi Pangkat Clash Of Clans


Di dalam suatu clan Clash Of Clans, terdapat 4 jenis promosi anggota dan memiliki hak tersendiri di setiap clan. Secara tidak langsung dengan sistem ini, seorang Leader dapat menentukan anggotanya yang paling dominan, dan Leader lah yang dianggap paling dominan mengatur administrasi klan. Jika anda seorang Leader clan di Clash Of Clans yang pernah mengalami perpecahan anggota, dikarenakan sistem ini maka saya akan memberikan beberapa cara untuk mengaturnya. Benar kan! Hanya karna sistem promosi dapat mengubah perilaku anggota anda. Untuk itu anda sebagai seorang Leader harus tegas dan harus menentukan secara tepat anggota mana yang akan di promosikan. Hal pertama saya akan memberikan tabel, yang bisa dilakukan di setiap pangkat anggota. Kedua, bagaimana persyaratan yang tepat sebelum seorang Leader mempertimbangkan Promosi kepada anggotanya. Ketiga, mengatur tugas yang tepat diberikan di setiap pangkat anggota klan.
Hak yang dapat dilakukan setiap Pangkat klan!
Cara Mengatur Tugas dan Promosi Pangkat Clash Of Clans

Leader
Leader adalah seseorang yang memiliki tanggung jawab yang besar untuk mengelola klannya. Seorang Leader yang baru membuat clan, memilik hak administratif untuk mengundang pemain yang belum memiliki klan. Menjadi seorang Leader juga harus mempunyai syarat tertentu, karena anggota yang masuk akan memandang ke arah mana tujuan dari seorang Leader. Target trophy kah, cara mengatur situasi kondisi war bagaimana? Bahkan bagaimana seorang Leader mampu membuat peraturan tertentu di dalam clannya. Untuk itu, karena Leader adalah anggota paling dominan di klan, maka harus memiliki reputasi yang baik didalam mengatur dan membina anggotanya. Berikut sekedar saran saya jika anda seorang Leader, agar membuat Clan anda menjadi yang terbaik:
  • Mengedit informasi klan sesuai keadaan yang tepat pada klan anda saat itu (target trophy, deskripsi, Clan type)
  • Membuat peraturan tegas, tapi tidak terkesan terlalu serius.
  • Mengenal semua anggota tidak pandang usia, daerah, dan level permainannya.
  • Selalu mengecek daftar hasil Donasi dan Request pasukan setiap anggota. perbandingan yang pas adalah 1:3 atau 1:4, contoh 1:4 jumlah ruang pasukan yang didonasikan +/-250 dan pasukan yang didapat dari permintaan +/-1000. Setidaknya 1 minggu sekali.
  • Memberikan saran kepada anggota baru untuk aktif komunikasi chat, donasi/request pasukan, dan juga partisipasi dalam Clan War.
  • Mendengarkan saran dari anggota, terutama dari seorang Elder dan Co-Leader dengan pertimbangan bersama anggota lain.
  • Memberikan atau menyarankan tugas kepada Co-Leader untuk mengirimkan pesan klan. Dimana untuk mengatur kondisi serangan war, pergantian kelayakan base didalam war, atur donasi Clan Castle War dan sebagainya.
  • Kick saja anggota yang tidak aktif, caranya dengan melihat bulder aktif atau dengan melihat obstacle yang tumbuh di desanya. Tekankan kepada anggota anda untuk selalu Remove obstacle di saat builder selesai upg bangunan, karena semakin banyak obstacle tumbuh, obstacle selanjutnya akan tumbuh lebih lama (maksimal 40 obstacle disebuah desa).
  • Yang terakhir adalah, seorang Leader harus bisa membaca peluang situasi kondisi di dalam Clan War. Target Attack 1 maupun rekomendasi Attack 2. Dan tidak asal-asalan mengikutkan anggota bergabung War, sebelum di evaluasi kesiapannya terlebih dahulu.
Co-Leader
Adalah anggota yang telah menerima kepercayaan tertinggi dari pemimpin clan. Memiliki hak selayaknya Leader bisa disebut adalah wakil dari seorang Leader. Pesan saya kepada anda, jika anda seorang Leader Clan. Anda harus sangat waspada terhadapa siapa anda mempromosikan Co-Leader, karena dia dapat mempromosikan dan bahkan Kick hampir semua anggota clan anda. Banyak sekali promosi Co-Leader yang diberikan di Chat Global, tapi sangat tidak dianjurkan jika anda mau memiliki clan yang terbaik dan kompak. Seorang Co-Leader yang baik adalah yang selalu aktif di semua aktivitas Clan (Clan War, Chat, Donasi/Request) bahkan bersama Leader turut membantu membangun Clan terbaiknya. Langkah dan Syarat yang tepat mempromosikan Co-Leader sebagai berikut:
  • Clan hanya menawarkan jumlah terbatas untuk Co-Leader (terbaik menurutku maks 5 Co-Leader di setiap klan)
  • Co-Leader memiliki integritas yang tinggi untuk clan anda
  • Co-Leader harus dapat melaporkan masalah langsung kepada pemimpin
  • Dapat merekrut anggota dan memberikan peraturan kepada anggota baru
  • Dapat kick anggota, jika putusannya bersifat final
  • Co-Leader dapat diturunkan menjadi Elder, kalau tidak menegakkan aturan clan.
Elder
Adalah anggota yang memili reputasi tinggi dan tingkat kehormatannya melebihi anggota biasa/member. Elder memiliki hak untuk mengundang  dan menerima permintaan gabung, dan dapat kick anggota biasa/member (tapi tidak seperti Co-Leader, dia harus menunggu 20 menit untuk kick member yang lain). Anda bisa memiliki banyak pangkat Elder di suatu Clan. Langkah dan Syarat yang tepat mempromosikan Co-Leader sebagai berikut:
  • Ikut semua aturan clan dan arah kepemimpinan
  • Member yang tidak pernah meminta naik menjadi Elder, tetapi ketika layak promosi maka anda bisa promosikan.
  • Aktif donasi pasukan sesuai permintaan pasukan dan memberikan pasukan bebas untuk donasi default
  • Partisipasi war dan memakai 2 serangan warnya
  • Aktif dalam chat
  • Memiliki waktu yang lumayan lama berada di clan anda
  • Tidak berpindah-pindah clan
Itulah beberapa yang saya ketahui semenjak saya menjadi seorang Leader. Jika teman-teman Clasher punya tips terbaik menjadi seorang Leader maupun anggota, jangan sungkan untuk memberikan komentarnya. Nanti akan saya tambahkan di postingan ini. Sekian artikelnya, semoga dapat membantu anda menjadi seorang Leader dan anggota yang baik untuk clan terbaik anda.


3 komentar:

  1. Saya pemimpin di clan kekumudian saya promosikan orang jadi wakil malah saya salah pencet yg saya promosikan orang lain jd pemimpin ahirnya saya jsi wakil gimana cara membalikanya

    ReplyDelete
  2. Bagaimana caranya kalau saya ingin keluar sebagai pemimpin clan ?

    ReplyDelete

LioneLMessiNGoaL. Powered by Blogger.

Populer minggu ini